Penggunaan alat pemadam kebakaran

Anda pastinya ingin mengetahui cara penggunaan alat pemadam kebakaran engan mudah dan cepat pada saat ingin memakainya. Pertama anda tarik pin pengaman yang bentuknya seperti kunci pada bagian APAR, peganglah tabung dan arahkan selang pada titik api, lalu menekan tuas pegangan/katup, yang biasanya terletak di atas tabung, untuk mengeluarkan isi tabung. Kemudian anda menyemprotkan pada titik (sumber) api dari sisi ke sisi dengan gerakan seperti menyapujangan anda menyemprot ke lidah api tapi ke sumber api. Tetapi dalam penempatan APAR anda harus memnuhi persyaratan seperti harus berjarak 15 m, ditempatkan mudah yang dijangkau dan dilihat, jalur keluar arah reflex pelarian, memperlihatkan suhu sekitarnya, tidak terkunci.

alat pemadam kebakaranItulah hal yang harus anda perhatikan pada saat menggunakan APAR walaupun alat pemadam api ini digunakan untuk memadamkan dalam apai yang berukuran kecil. Tetapi dalam memadamkan api anda juga harus mengingat metode yang terbaik seperti metode penguraian untuk menyingkirkan barang – barang yang mudah terbakar, metode pendinginan dengan cara menghentikan kebakaran dengan menurunkan temperature atau panas dan terakhir metode lokalisasi yakni metode pemadam kebakaran dengan meredakan kadar persentaso gas 02. Itulah beberapa cara yang terbaik untuk memadamkan api dan cara menggunakan alat pemadam api ringan ( APAR ).

Tipe alat pemadam kebakaran

Terdapat dua tipe alat pemadam kebakaran berdasarkan media penyimpanan gas pendorong yang biasa ada dipasaran, yaitu pemadam dengan menggunakan tekanan langsung pada tabung dan yang menggunakan catride terpisah. Pada tipe yang pertama gas pendorong disimpan diruang yang sama dengan agen/isi tabung itu sendiri. Tergantung pada agen yang digunakan, pendorong yang berbeda digunakan, alat pemadam berbahan powder ( kimia kering ), biasanya menggunakan nitrogen, sedangkan yang berbahan air dan foam ( busa ) biasanya memakai udara.

Pemadam tipe ini merupakan jenis yang paling sering ditemui dipasaran. Pemadam apiberjenis katride mengandung gas pendorong dalam catride yang terpisah, yang diaktifkan ketika menekan tuas handle, yang kemudian mendorong agen/isi pemadam. Jenis seperti ini jarang ditemukan dilingkungan biasa, karena kebanyakan digunakan di daerah daerah seperti fasilitas industri, di mana kebutuhan penggunaan pemadam yang lebih tinggi dari rata-rata. Tipe ini memiliki keunggulam lebih cepat dalam mengeluarkan agen/isi tabung, memungkinkan pengguna untuk pelepasan pemadam dengan lebih mudah dan cepat dalam waktu singkat.